Mamasa – Dalam upaya memperdalam pemahaman terhadap potensi dan peluang investasi di Sulawesi Barat (Sulbar), Tim Penyusunan Peta Potensi dan Peluang Investasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulbar melakukan kunjungan lapangan bersama Tim Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) selama empat hari mulai tanggal 6 hingga 9 Mei 2024.

Kunjungan lapangan ini bertujuan untuk mengumpulkan data terkini terkait komoditas Kopi yang dapat dikembangkan sebagai tujuan investasi di Sulbar. Tim DPMPTSP, yang dipimpin oleh Pejabat Fungsional PKPM Ahli Madya Satriawan Hasan Sulur, berkolaborasi dengan Tim Akademisi dari Fakultas Ekonomi Unsulbar yang dipimpin Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Nurfitri Ayu M, untuk melakukan analisis mendalam terhadap berbagai aspek ekonomi dan potensi bisnis di daerah tersebut.

Pejabat Fungsional PKPM Ahli Madya DPMPTSP Sulbar, Satriawan Hasan Sulur mengatakan, dengan kunjungan itu pihaknya melihat Mamasa sebagai salah satu penghasil kopi di Sulbar memang memiliki potensi yang luar biasa.

“Sesuai petunjuk Pak Kadis Habibi, kami tim dari DPMPTSP turun ke lapangan untuk melihat betul potensi yang ada bersama tim dari Unsulbar,” ucap Satriawan.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Unsulbar, Nurfitri Ayu mengatakan, berdasarkan tugas dan kepercayaan DPMPTSP melakukan indentifikasi dengan diskusi panjang dengan Dinas Pertanian dan stakeholder terkait apa saja peluang dan lokasi potensial dalam pengembangan kopi.

“Kunjungan ini untuk melihat langsung potensi kopi yang ada, sehingga dalam penyusunan kajian ini benar-benar menggunakan data rill di lapangan,” kata Nurfitri.

Salah satu pelaku UMKM komoditas kopi, Poki menyampaikan terima kasih atas niat baik dari pemerintah provinsi kerja sama Unsulbar.

“Kami harap dengan adanya kajian ini benar-benar dapat menarik investor, karena kopi Mamasa tidak kalah bersaing secara nasional maupun internasional, dibuktikan melalui partisipasi kopi Mamasa melalui kontes kopi dan selalu mendapat skor baik,” kata Poki.

Tahun ini DPMPTSP Sulbar menyusun Peta Potensi dan Peluang Investasi di sektor perkebunan, Pertanian dengan sub sektor Komoditas Kopi dan Kelapa Dalam.

Penulis : DPMPTSP Sulbar
Editor : humassulbar

By dpmptsp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *