Kepala DPMPTSP Sulawesi Barat menghadiri Rapat Konsolidasi Kebijakan Investasi Pusat dan Daerah dan Rapat Kooordinasi Nasional Investasi dengan tema “Hilirisasi dan Kemitraan Untuk Investasi Berkeadilan” yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/ BKPM RI mulai tanggal 29-30 November 2022

Rakonsol Kebijakan Investasi Pusat dan Daerah dibuka langsung untuk Bapak Menteri Investasi Bahlil Lahadalia pada tanggal 29 November 2022. Dalam paparannya Bapak Bahlil Lahadalia mengemukakan bahwa capaian realisasi investasi selama tahun 2022 dan 3 tahun sebelumnya. Tren realisasi investasi tahun 2021-2022 menunjukkan investasi di luar Jawa lebih besar dibanding di pulau Jawa. Hal ini merupakan hasil dari pembangunan infrastuktur pendukung investasi di wilayah luar pulau Jawa. Adapun 3 negara yang besar realisasi investasi di Indonesia adalah Singapore, R.R Tiongkok, dan Jepang.

Adapun 5 agenda besar Indonesia Maju salah satunya adalah hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam telah berjalan hingga kini. Transformasi ekonomi dari industri sektor primer ke industri berbasis nilai tambah (hilirisasi) diaktualisasikan melalui larangan ekspor barang mentah seperti nikel, bauksit, tembaga dan timah.

Kemudian di hari kedua, dilaksanakan Rakornas Investasi yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh 5 Menteri antara lain : Menteri Investasi, Menteri Koorditor Maritim dan Investasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri ESDM, dan Mentri PAN RB.

By dpmptsp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *