Mamuju, 7 Desember 2023, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar, Muh. Nur, menerima kunjungan sebanyak 5 mahasiswa Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara Politeknik STIA LAN Makassar, antara lain Farid Asyhadi, Erma Pualillin, Sumarni, Fitri, dan Emiliah Aliah, mengunjungi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sulawesi Barat. 

Muh Nur mengungkapkan “Kami menyambut baik kunjungan mahasiswa STIA LAN Makassar ke OPD kami, hal ini merupakan bentuk evaluasi dari masyarakat terhadap layanan kami. OPD ini terbuka untuk menerima masukan dan saran guna perbaikan kualitas layanan. Untuk meningkatkan penilaian pelayanan publik, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar telah melakukan renovasi ruang layanan secara besar-besaran.

Selain itu, kami telah menyusun perundangan-undangan daerah seperti Peraturan Gubernur Sulawesi Barat Nomor 188.4/287/SULBAR/VI/2023 tentang Standar Pelayanan Perizinan dan Non-Perizinan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar, dan Keputusan Gubernur Sulawesi Barat Nomor 331 tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Perizinan dan Non-Perizinan di Lingkungan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar, juga telah diterbitkan kesemuanya untuk memberikan service exelent ke masyarakat”. ujarnya

Muh. Nur menambahkan bahwa Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar kini memiliki tim teknis dari OPD teknis untuk melakukan verifikasi dokumen pemohon izin. Setiap 3 bulan, dinas ini juga melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan, dan saat ini sedang menyusun laporan survei untuk triwulan ke-4.

Farid Asyhadi, salah satu mahasiswa, menyampaikan, “Kami berlima mendapat tugas dari dosen untuk melakukan review di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar, terutama pada aspek jenis pelayanan (utama, supporting, dan facilitating), standar pelayanan, evaluasi kinerja pelayanan, hingga survei kepuasan masyarakat pada OPD ini. Mengingat OPD ini merupakan pintu depan dari Pemprov Sulbar, disinilah masyarakat dilayani untuk segala kebutuhan perizinan yang dibutuhkan.”

Farid menambahkan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk mengamati implementasi Pelayanan Publik di instansi tersebut. Keberadaan mahasiswa ini sangat beralasan, mengingat mereka adalah ASN Pemprov Sulbar penerima beasiswa yang sedang didorong untuk meningkatkan kapasitas di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sulbar oleh Pj. Gubernur Sulawesi Barat Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Farid mengungkapkan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari materi perkuliahan Kualitas Pelayanan Publik dengan dosen pengampuh Dr. Najmi Kamariah, SE., MSi. Para mahasiswa diberi tugas untuk mengamati implementasi konsep kualitas pelayanan publik dan praktik terbaik tentang sistem kualitas pelayanan publik pada organisasi perangkat daerah (OPD). Hasil pengamatan kami layanan publik di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar memberikan kesan nyaman dengan ruangan ber-AC, staf front office yang cekatan dan penampilan menarik, serta fasilitas seperti mesin antrian, monitor TV informasi, papan informasi, ruang disabititas, tempat bermain anak, musholla, dan lainnya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, ujarnya.

Pada akhir pertemuan, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulbar, Muh. Nur, berharap agar para mahasiswa dapat memberikan kontribusi evaluasi dan saran untuk meningkatkan layanan perizinan. Semoga mereka segera lulus dan memberikan kontribusi kepada OPD masing-masing, dan dapat menerapka ilmu dan berbagi pengalaman yang diperoleh dari kampus Politeknis STIA LAN Makassar.

By dpmptsp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *