DPMPTSP SULBAR- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Barat telah mengambil langkah strategis dengan melaksanakan konsolidasi data perizinan berusaha berbasis risiko. Rapat konsolidasi yang berlangsung pada tanggal 29 Februari 2024 di Hotel Sinar Mas, Jalan Ahmad Yani nomor 200, Kabupaten Polewali Mandar.

Acara ini dihadiri oleh seluruh kepala DPMPTSP beserta Kabid perizinan dari kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Barat. Turut hadir pula pejabat tingkat ahli madya dan muda dari DPMPTSP Provinsi Sulawesi Barat. Acara ini dibuka oleh  Kepala DPMPTSP Provinsi Sulawesi Barat, H. Habibi Azis S.STP.MM, yang mana ditekankan pentingnya peningkatan Laporan Kinerja Pelayanan Mandiri (LKPM) serta peran strategis DPMPTSP dalam mendorong investasi melalui pelayanan publik.

H. Habibi Azis S.STP,MM mengatakan perlunya penggunaan sistem dalam pengelolaan data perizinan untuk memudahkan identifikasi data perizinan dan non-perizinan. Penggunaan teknologi dalam administrasi perizinan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses pelayanan kepada para pelaku usaha.

Selanjutnya, paparan mengenai data perizinan berusaha berbasis risiko disampaikan oleh DPMPTSP Provinsi Sulawesi Barat. Paparan tersebut mencakup data perizinan baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten. Maksud dan tujuan dari kegiatan konsolidasi data perizinan berusaha berbasis risiko ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam penerbitan data perizinan antara provinsi dan kabupaten, sehingga terjadi harmonisasi dan penyesuaian aturan yang selaras baik dari segi regulasi maupun data perizinan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keselarasan dalam data perizinan yang menitikberatkan pada tiga aspek penting, yaitu data Nomor Induk Berusaha (NIB), data proyek, dan data perizinan lainnya. Dengan adanya harmonisasi data perizinan ini, diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha dalam memenuhi persyaratan administrasi perizinan yang dibutuhkan.

H. Habibi Azis, S.STP.,MM Selaku Kepala DPMPTSP Provinsi Sulawesi Barat berharap bahwa melalui kegiatan ini, akan terwujud sinergi dan koordinasi yang baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten dalam upaya penyediaan data perizinan. Selain itu, diharapkan pula terbangun kesamaan langkah dan persepsi baik dari segi regulasi maupun data perizinan, sehingga dapat tercipta sinergi yang optimal dalam sinergi data perizinan berusaha berbasis risiko.

Hal ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam mendukung perkembangan investasi dan bisnis di Provinsi Sulawesi Barat, Tambahnya

By dpmptsp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *